Monday, June 10, 2013

Drip Coffee



DRIP COFFEE

 


Drip coffee merupakan salah satu teknik untuk membuat kopi, drip coffee merupakan hal paling umum dan banyak d gunakan orang untuk membuat kopi. Drip coffee mengunakan teknik air panas d bagian paling atas dan kopi d bagian bawah. Pelan2 air menetes kebawah. Teknik ini biasa di pakai pada mesin2 pembuat kopi yang sering kita lihat2 d kedai2 breakfast d film2. Dan banyak alat yang mengunakan teknik drip coffee ini seperti coffe maker standard, Vietnamese drip coffee, clever and cold brew.

Drip coffee maker atau mesin standard yang biasa di pakai d restoran d bagian barat, mesin ini sangat murah dan sangat mudah pengunaanya. Dan yang paling enak lagi mesin ini bisa membuat kopi dalam skala besar ( 4 – 6 cangkir ). Cara pemakaian yang sangat praktis, cukup masukan air sesuai takaran kopi ( untuk brapa cup ) lalu masukan bubuk kopi pada tempatnya, nyalakan mesin dan tunggu sampai kopi menetes pada tempat yang disediakan. Harga mesin ini saya jual berkisar 150rb – 400rb. Tergantung dari merk dan kualitasnya ( saya rasa kualitas sama saja karena cara kerjanya simple sekali ).

Vietnamese drip coffe alat ini sangat murah dan tekniknya cukup menarik, bila kita lihat prosesnya kopi yang menetes seperti hujan atau seperti atap yang bocor. Untuk anda yang ingin proses yang cukup lama dan asik di lihat Vietnamese drip coffee layak untuk d koleksi, karena alat ini cukup murah untuk pelengkap perangkat pembuat kopi anda.

Clever merupakan alat drip coffe mengunakan filter kertas atau filter kopi, cara kerja clever hamper sama dengan Vietnamese drip coffee, hanya saja clever mengunakan filter dikarenakan lubangnya cukup besar dan lubang tersebut tidak bisa menyaring ampas kopi. Lubang ini juga mempercepat proses drip atau tetesan sehingga rasa yang di hasilkan berbeda dengan alat drip coffee yang lain. Alat ini cukup mahal dikarenakan teknik dan alat tambahan yang cukup merepotkan. Alat ini tidak saya rekomendasikan untuk dibeli karena cost dan repotnya minta ampun prosesnya.

Cold brew merupakan alat pembuat kopi yang paling lama prosesnya, cold brew memproses kopi yang lama sekali kira – kira prosesnya 3 – 4 jam untuk 4 cangkir mungkin 2 cangkir kopi. Tapi alat ini tergolong mahal dan sangat unik, teknik cold brew seperti meneteskan air k dalam kopi dan pelan2 menetes ke bagian bawah. Teknik ini merupakan teknik yang unik asik dan mahal. Kopi yang dibutuhkan sangat banyak dan kopi yang dihasilkan sangat sedikit. Alat ini layak dikoleksi bagi anda yang suka berexperiment dengan kopi.

No comments:

Post a Comment