Monday, June 10, 2013

Pressure & Vacuum



PRESSURE & VACUUM

 

               Pressure dan vacuum merupakan 2 hal yang berbeda, teknik yang beda dan cara yang berbeda. Saya disini sengaja mengabungkan kedua teknik menjadi 1 artikel karena teknik ini seperti kaca bertolak belakang tapi rasa yang dihasilkan kurang lebih sama. Tapi saya tetap menjelaskan kepada anda perbedaan cara dan teknik pressure dan vacuum serta alat – alat masing – masing teknik.
               Teknik pressure sering kita lihat pada café kopi terkenal dan mahal. Rasa yang dihasilkan juga sangat unik pahit atau inti sari rasa kopi akan keluar, sebagai contoh high pressure coffee maker yang sering kita lihat pada kedai kopi hijau, mereka biasa memakai kopi Arabica ( kopi yang paling enak tapi menurut saya kopi ini hanya menang harga ). Ketika saya mencicipi sedikit kopi Arabica dengan cara ditubruk saya merasakan pahitnya hmm… dan ketika saya mencoba rasa kopi Arabica yang diolah dengan high pressure coffee maker ( standard 15 bar ) rasa pahit arabicanya wow.. terasa mantap. Boleh saya simpulkan high pressure ini merupakan alat yang terbaik untuk membuat kopi karena alat ini mengeluarkan rasa maximal sebuah biji kopi. Alat ini tergolong mahal dan merepotkan, mahal karena mesin ini dilengkapi dengan mesin uap untuk membuat foam pada susu dan tekanan untuk membuat kopi, alat ini bisa membuat kopi – kopi dengan nama Americano, café latte dan cappuccino. Alat ini merepotkan dibagian perawatan dan pembuatan kopi, pembuatan kopi memeerlukan kopi bubuk yang cukup banyak hanya untuk secangkir kopi dan kopi yang d hasilkan merupakan ekstrak kopi, perawatan alat ini cukup merepotkan karena setiap kali anda memakai alat ini harus segera dibersihkan. Tidak lupa juga alat ini mempunyai umur yang tidak bisa dibilang lama mengingat air panas yang dikeluarkan bisa menimbulkan kerak yang bisa merusak jalanya proses pembuatan kopi. Alat ini saya jual dengan harga yang murah daripada ditempat lain harga yang saya berikan berkisar dari 1.1jt – 10jt tergantung besar, kecil, dan merk. Alat ini juga berintruksikan bahasa mandarin dikarenakan buatan china dan harga yang murah ( tergantung merk ). Merk dan harga boleh beda tapi kualitas yang dihasilkan tetap sama karena saya menjual yang 15 bar ( ada juga yang 5 bar tapi saya tidak rekomendasikan )
               Teknik pressure yang satu ini agak aneh karena dilakukan manual, ya manual mengunakan alat yang mirip dengan suntuk. Alat ini bernama aero press. Aero press alat pembuat kopi yang mahal namun unik dan proses yang agak unik, cara mengunakan alat ini cukup unik dan ketika selesai mengunakan alat ini ampas kopi akan berbentuk seperti kue. Alat ini tidak saya jual karena harga yang cukup mahal dan tidak worthed untuk d koleksi dikarenakan bahan – bahan pemakaian yang mahal. Seperti filter yang sekali pakai dibuang, filter tersebut juga tergolong mahal dan jarang dijual.
               Vacuum merupakan teknik yang mahal, teknik ini lebih mahal dari pada teknik pressure, karena mesin vacuum yang keluar merupakan alat baru. Mesin vacuum ini masih tergolong baru karena teknik ini jarang dijasikan di kedai kopi karena tekniknya yang merepotkan dan lama prosesnya. Mesin vacuum pertama kali dijual 110jt dan itupun sudah dibeli semua oleh starbuck. Saya disini akan membahas alat vacuum yang lain dan yang mungkin anda sudah kenal
               Moka pot merupakan alat pembuat kopi khas Italy, orang Italy suka sekali dengan kopi sama seperti kita, tapi sayang biji kopi mereka g enak untuk kita minum. Kita orang Indonesia mempunyai biji kopi terbaik namun sayang cara pembuatan kopinya Cuma di tubruk aja. Moka pot saya golongkan d bagian vacuum karena proses pembuatanya dari bawah ke atas, air mendidih yang di tarik melawan gravitasi jadi saya golongkan vacuum. Moka pot yang asli mengunakan merk bialetti alat ini cukup mahal berkisar 600 – 1jt lebih. Dan saya menjual alat ini yang palsu atau moka pot biasa mulai dari 100rb – 300rb tergantung dari banyaknya cangkir yang dibuat.
               Siphon coffee maker alat yang sangat unik dan keren, alat ini cukup fragile sehingga pemakaiannya harus extra hati2. Alat ini merupakan jenis vacuum. Jarang sekali kita lihat alat ini d café – café karena jarang orang tahu alat ini. Alat ini cukup mahal harga berkisar dari 400rb – 1jt ++ tergantung merk dan kuantitas yang dihasilkan. Alat ini mempunyai saudara yang cara kerjanya kurang lebih sama tapi tampilan yang lebih elegan dan lebih vacuum.
               Belgium coffee maker saudara dari siphon coffee maker. Cara yang sama tapi proses yang lebih elegan dan lebih vacuum, alat ini lebih mahal dari siphon dikarenakan bahan yang digunakan juga lebih keren dari siphon, jujur saja saya lebih memilih Belgium coffee maker dari pada siphon, karena rasa yang dihasilkan Belgium lebih LIKE a SIR. Harga Belgium ini lebih mahal 200rb – 1jt karena menjadi sir butuh duit lebih…. Hahahaha….. you know what I mean right ?

Pressure French press cara membosankan minum kopi, cara ini cukup standard saya males menulis dan membahas cara membosankan ini, harga alat ini mulai dari 50rb – 200rb tergantung merk isi dan kualitas. Mending bikin kopi tubruk daripada beli alat ini.


No comments:

Post a Comment